Cara Mengubah MBR Ke GPT Gak Pake Ribet

callcenters.id – Cara Mengubah MBR Ke GPT, Hard drive akan dibagi menjadi beberapa partisi. Hal ini untuk mencegah data tercampur dengan penggunaan yang berbeda. Selain itu, membagi harddisk menjadi beberapa partisi akan memudahkan kita dalam mengumpulkan dan mengatur data.

Pada partisi hardisk, umumnya ada dua jenis pilihan partisi sistem, yaitu MBR dan GPT. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengubah hardisk MBR ke GPT, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kedua jenis partisi sistem tersebut.

Perbedaan antara sistem partisi MBR dan GPT

Cara Mengubah MBR Ke GPT

MBR atau Master Boot Record adalah sistem partisi di mana semua data pada disk dikelola dan dikendalikan oleh sistem MBR. Sedangkan GPT atau Guid Partition Table adalah sistem partisi yang menyimpan data di lebih dari satu lokasi sehingga jika terjadi kerusakan pada sistem utama masih ada cadangan yang bisa digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perbedaan antara hard drive yang menggunakan skema partisi MBR dan GPT, silakan baca informasi berikut:

  • Partisi MBR hanya bisa digunakan untuk kapasitas penyimpanan maksimal 2TB, sedangkan GPT bisa sampai 9ZB (Zettabyte 3 level di atas terabyte).
  • Hanya MBR yang dapat dipartisi menjadi 4 partisi primer, sedangkan GPT dapat dipartisi hingga 128 partisi primer.
  • Dalam sistem partisi MBR, data akan disimpan di sektor pertama, tidak seperti GPT, yang melakukan beberapa penyimpanan untuk membuat cadangan. Artinya jika ada data di hardisk GPT yang hilang atau rusak masih bisa disimpan karena sudah ada backupnya.

Dilihat dari beberapa perbedaan di atas, tentunya kita sudah mengetahui bahwa sistem partisi GPT memiliki kelebihan yang lebih dibandingkan dengan sistem MBR. Hal ini membuat banyak orang ingin mengubah partisi harddisk mereka dari MBR ke GPT.

Ini bukan bug karena ada banyak keuntungan mengonversi MBR ke GPT. Namun sebagian orang takut melakukan hal ini karena takut kehilangan data penting mereka.

Jangan khawatir, ini adalah cara untuk mengubah partisi sistem hard drive Anda dari MBR ke GPT tanpa memformat sehingga Anda tidak kehilangan data apa pun.

Cara Mengubah MBR Ke GPT tanpa format data

Nah, tentunya kekhawatiran terbesar banyak orang ketika mereka ingin mengubah partisi sistem mereka adalah kehilangan data. Ini karena sebagian besar tutorial konversi MBR ke GPT pasti akan melalui proses pemformatan terlebih dahulu.

Jadi apakah ada cara untuk tidak menghapus data di hard drive? Tentu saja ya, jika Anda sangat takut kehilangan file penting di hard drive Anda, Anda dapat menggunakan tips berikut:

Kami akan menggunakan aplikasi bernama EaseUS Partition Master. Untuk tutorial lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

  1. Unduh dan instal EaseUS

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu perangkat lunak yang diperlukan dengan mengunduh EaseUS Partition Master. Setelah itu, instal di PC/PC Anda masing-masing.

  1. Buka master partisi EaseUS

Setelah diinstal, Anda dapat langsung membuka aplikasi. Daftar disk dan partisi pada perangkat Anda akan segera muncul di layar.

  1. Ubah MBR ke GPT

Sekarang sangat mudah untuk mengubah sistem dari MBR ke GPT. Yang harus Anda lakukan adalah klik kanan pada partisi yang ingin Anda konversi dan kemudian pilih opsi Convert to GPT.

  1. Konfirmasikan operasi

Kemudian akan muncul pemberitahuan yang meminta persetujuan untuk melakukan operasi. Anda dapat mengklik Terapkan secara langsung untuk melanjutkan penerapan.

  1. Tunggu proses konversi

Sekarang akhirnya yang tersisa hanyalah menunggu prosesnya selesai. Biasanya tidak akan memakan waktu lama dan data di hard drive Anda akan tetap aman dari penghapusan.

Sumber: ppklkemenkop.id